Saturday, 3 August 2013

Setiap manager dalam pelaksanaan tugasnya, aktivitasnya dan kepemimpinannya untuk mencapai tujuan harus melakukan “perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian”dengan baik.
a. Perencanaan (Planning)
Perencanaan adlah fungsi orang manajer yang berhubungan dengan memilih tujuan-tujuan, kebijaksanaan, prosedur dan program dari alternative yang ada. jadi masalah perencanaan adalah masalah “memilih” yang terbaik dari beberapa alternative yang ada.
b. Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian adalah suatu proses penentuan, pengelompokan, dan pengatruran bermacam-macam aktifitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Menempatkan orang-orang pada setiap aktivitas ini, menyediakan alat-alat yang diperlukan, menetapkan wewenang yang secara relitif didelegasikan kepada setiap individu yang akan melakukan aktifitas tersebut.
Pengorganisasian juga tindakan mengusahakan tindakan-tindakan kelakuan yang efektif antara orang-orang, sehingga mereka dapat bekerja sama secara efisien. dan dengan demikian memperoleh kepuasan pribadi dalam hal melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam kondisi lingkungan tertentu guna mencapai tujuan atau sasaran tertentu
c. Pengarahan (Actuating)
Pengarahan adalah mengarahkan semua bawahanya agar mau berkerja sama dan bekerja Efektif untuk mencapai tujuan.
Pengarahan juga membuat semua anggota kelompok agar mau bekerja sama dan bekerja secara ikhlas serta bergairah untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan usaha-usaha pengorganisasian.
d. Pengendalian (Controling)
Pengendalian adalah proses pengaturan berbagai faktor dalam suatau perusahaan, agar sesuai dengan ketetapan-ketetapan dalam rencana.

0 komentar:

Post a Comment

Categories

Popular Posts

SAHABAT BLOGGER

Ordered List