Friday 2 August 2013

1) Tabligh
Tabligh secara bahasa adalah penyampaian. Menurut istilah tabligh adalah bentuk dakwah dengan cara penyampaian/penyebarluasan (transmisi) ajaran Islam melalui media mimbar atau media massa (baik elektronik atau cetak), dengan sasaran orang banyak atau khalayak.
2) Irsyad
Irsyad secara bahasa berarti petunjuk, membimbing. Sedangkan irsyad secara istilah adalah proses penyampaian ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, penyuluhan dan psikoterapi Islami dengan sasaran individu atau kelompok kecil. Irsyad dilihat dari prosesnya lebih bersifat kontinuitas, simultan, dan intensif.
3) Tadbir
Tadbir menurut bahasa berarti pengelolaan (manajemen), menurut istilah adalah kegiatan dakwah dengan pentransformasian ajaran Islam melalui kegiatan aksi amal shaleh berupa penataan lembaga-lembaga dakwah dan kelembagaan Islam.
4) Tathwir
Tathwir menurut bahasa berarti pengembangan, menurut istilah berarti kegiatan dakwah dengan pentransformasian ajaran Islam melalui aksi amal shaleh berupa pemberdayaan sumber daya manusia dan sumber daya lingkungan, dengan kata lain mengembangkan pranata-pranata sosial, dan lingkungan atau pengembangan kehidupan muslim dalam aspek-aspek kultur universal.

0 komentar:

Post a Comment

Categories

Popular Posts

SAHABAT BLOGGER

Ordered List